Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Covid-19 Kotim Pertimbangkan Pasien Positif Diisolasi Mandiri

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Desember 2020 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), saat ini masih mempertimbangkan terkait pasien positif yang diisolasi secara mandiri dengan regulasi yang sudah ditentukan. 

Hal itu dilakukan, jika nantinya ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit dan Klinik Covid-19 Islamic Center sudah penuh, dan tidak dapat lagi menampung pasien. 

"Kalau memang semuanya sudah penuh, maka kami mempertimbangkan melakukan hal itu. Namun dengan sejumlah syarat tertentu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto, Selasa, 1 Desember 2020. 

Meski begitu, saat ini di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit masih dapat menampung. Hanya saja untuk pasien berat, atau memiliki riwayat penyakit bawaan. Sedangkan bagi pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) diisolasi di Klinik Covid-19 Islamic Center. 

Di KIC sendiri saat ini sudah hampir penuh. Begitu juga di RSUD dr Murjani Sampit. Itu karena pada update kasus Covid-19 kemarin, jumlah pasien dalam perawatan mencapai 203 orang. 

"Selain isolasi mandiri, kami juga sedang mempersiapkan ruang isolasi baru nantinya, guna menampung pasien positif Covid-19 tersebut," kata Faisal. 

Sementara itu, Wakil Ketus Satgas Covid-19 Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin mengatakan, jika memang nantinya Kotim sudah tidak bisa menampung, opsi bisa dilakukan rujuk ke Palangka Raya atau juga di kabupaten tetangga, yang masih tersedia. 

"Hal ini sudah kami sampaikan ke Satgas Provinsi, dan sejumlah opsi sudah disiapkan," terang Jakin. 

Dia-pun berharap kepada masyarakat di Kotim, agar selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu juga selalu berdoa kepada Allah, agar dalam lindungannya. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru