Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Perlu Bersinergi Pastikan Jalannya Roda Pemerintahan Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Desember 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk memastikan jalannya roda pemerintahan di sebuah desa dengan baik, tentu antara Pemprov dan Pemkab harus saling bersinergi dalam upaya memantau setiap pembangunan yang ada.

Plt Kepala Dinas PMD Kalteng, Rojikinnor mengatakan, upaya-upaya tersebut adalah pemantauan terhadap peningkatan sumber daya aparatur desa. Pemprov dan Pemkab juga harus meningkatkan pengawasan dalam setiap pembangunan.

"Sistem pelaporan dalam setiap pengawasan harus dibuat dengan baik dengan memastikan apa yang dikerjakan dapat dipertanggungjawabkan dan hasil dari setiap progam desa mesti berguna bagi kepentingan masyarakat," ujar Rojikinnor. Selasa, 1 Desember 2020.

Selain itu, lanjut Rojikinnor, masing-masing desa juga diharapakan mampu melakukan belanja secara mandiri. 

"Ketika desa itu dapat diciptakan menjadi sebah desa mandiri, ada penilaian dan prasyarat tersendiri terkait dengan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi serta kemampuan untuk menggali pendapatan. Itu semua menjadi persoalan," terangnya.

Maka dari itu, jelas dia, ada konsep pemberdayaan masyarakat sebagai sebuah resolusi konflik ditempuh dengan mendorong masyarakat supaya mampu meningkatkan kesejahteraannya secara mandiri dan persoalan-persoalan yang ada bisa diselesaikan. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru