Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: APBD 2021 Harus Fokuskan ke Pemilihan Ekonomi dan Sosial

  • Oleh Naco
  • 01 Desember 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, H. Ardiansyah menekankan agar penggunaan APBD melalui program yang telah ditetapkan, mampu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Pasalnya pemulihan kondisi ekonomi dan sosial saat ini harus dilaksanakan mulai tahun depan. 

"Penggunaan APBD 2021 harus dioptimalkan untuk kesejahteraan dan pemulihan ekonomi masyarakat Kotim pada masa pandemi Covid-19 ini," kata Ardiansyah, Selasa, 1 Desember 2020.

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membawa dampak luas, termasuk pada perekonomian. Banyak perusahaan yang tutup dan mengurangi jumlah karyawan padahal pekerja harus menafkahi keluarga mereka. 

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga tidak luput dari dampak pandemi Covid-19. Warga melakukan berbagi cara agar bisa tetap bertahan di tengah lesunya ekonomi akibat pandemi virus mematikan tersebut.

Anggaran pendapatan dan belanja Kotawaringin Timur mempunyai peran yang sangat strategis untuk aktivitas pemerintah daerah dalam menjalankan fungsinya. Kualitas APBD 2021 mampu memenuhi kaidah yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64/2020 tentang Pedoman Penyusunan  APBD 2021.

Penggunaan APBD diharapkan membawa manfaat besar bagi masyarakat, khususnya dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Dia menilai pengelolaan keuangan daerah yang baik harus taat asas filosofi kebijakan anggaran yang berpihak pada kepentingan masyarakat. Untuk itu pengelolaan keuangan daerah harus teliti dan mencapai tujuan dengan baik. (NACO/B-6)

Berita Terbaru