Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lonjakan Kasus Virus Corona Meningkat, Plt Gubernur Kalteng Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Desember 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalteng Habib Said Ismail melakukan evaluasi terhadap penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) karena dalam sebulan terakhir lonjakan sangat signifikan. 

"Dalam sebulan terakhir, lonjakan kasus Covid-19 di Kotim tinggi. Sehingga, hal itulah mendasari saya datang ke Kotim ini, untuk meminta penjelasan langsung dari Satgas Covid-19 Kotim," ujar Habib Ismail, Selasa, 1 Desember 2020. 

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin menjelaskan bahwa ada beberapa faktor terjadinya peningkatan kasus di Kotim, mulai dari longgarnya  masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19, alat PCR yang rusak, hingga sanksi yang terlalu ringan dan tidak membuat masyarakat jera, hingga ruang isolasi yang hampir penuh terisi pasien. 

Hal itupun langsung ditanggapi oleh Habib Ismail. Dirinya meminta agar Satgas Covid-19 Kotim tetap semangat untuk melawan penyebaran Covid-19 ini. Gencarkan kembali sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Guna merubah perilaku masyarakat agar selalu taat imbauan pemerintah. 

"Jika memang alat PCR rusak, maka segera kirim sempel swab ke Palangka Raya, agar bisa diketahui segera hasilnya," kata Habib Ismail. 

Sedangkan terkait sanksi yang ada di dalam Peraturan Bupati, tidak membuat efek jera. Maka bisa segera dibahas untuk diubah menjadi peraturan daerah (Perda) dengan saksi lebih berat. Sehingga, bisa membuat masyarakat jera dan menerapkan protokol kesehatan. 

"Lakukan yang terbaik untuk penanganan Covid-19 ini. Ini adalah upaya penyelamatan kesehatan masyarakat, jangan sampai kita semangat untuk perang melawan virus ini," minta Habib Ismail. 

Sementara, terkait dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini, Habib Ismail meminta agar pengusaha lebih memerhatikan protokol kesehatan. Begitu juga di sejumlah warung, pasar, rumah makan, cafe dan lainnya. Guna menghindari penyebaran Covid-19. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru