Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Drainase Primer Jalan Beliang Palangka Raya Perlu Perbaikan

  • Oleh Hendri
  • 01 Desember 2020 - 20:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Dapil II melaksanakan reses di Kelurahan Palangka, Selasa 1 Desember 2020. Dari hasil reses itu ternyata yang menjadi sorotan masyarakat adalah kondisi drainase primer di Jalan Beliang.

Pimpinan rombongan Dapil II, Riduanto mengatakan saluran drainase kerap meluap dan menggenangi jalan serta perumahan masyarakat sekitar apabila hujan dengan intensitas lebat. Tidak hanya warga sekitar masyarakat yang melintasi juga terganggu perjalanannya karena tergenang air.

"Masyarakat di Kelurahan Palangka, seperti pada masa reses sebelumnya, masih mendambakan adanya pembenahan infrastruktur di wilayah masing-masing. Mulai perbaikan jalan maupun saluran drainase pemukiman semuanya sudah kita tampung dan segera disusun untuk disampaikan kepada pemerintah kota," ungkapnya.

"Nah saat ini, kita melihat satu hal yang menjadi perhatian kita semua yakni saluran drainase primer Jalan Beliang ini. Kita tinjau secara langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat," imbuhnya.

Riduanto mengakaui saat memantau kondisi saluran drainase bersama 9 anggota dewan lainnya drainese itu memang sudah waktunya untuk segera dilakukan pembenahan.

Apalagi drainase itu mengalami sedimentasi dan pendangkalan, kurang lebarnya saluran, dan masih ada beberapa titik yang tersumbat sampah serta tumbuhan yang harus segera dibenahi.

"Saluran drainase primer dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Bromo, Jalan Rinjani, Komplek Amako, Komplek UPR, hingga Komplek Perumahan Polda Kalteng semuanya bermuara melalui saluran drainase primer Jalan Beliang ini. Bisa kita bayangkan tingginya debit air dari seluruh saluran tersebut pada saat hujan lebat pasti menyebabkan luapan air. Ini harus segera dibenahi sebelum juga berdampak pada infrastruktur yang lain," beber Politisi PDI Perjuangan ini.

Untuk itu pada tahun anggaran selanjutnya ia berharap Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi teknisnya bisa segera melakukan pembenahan di saluran drainase yang dimaksud.

Perbaikan bisa dengan melakukan pengerukan dasar saluran dengan menggunakan excavator, ataupun melakukan pelebaran dan pembuatan siring untuk mencegah abrasi pada sisi saluran. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru