Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten II Setda Katingan Buka Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Desember 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Asisten II Setda Kabupaten Katingan, Ahmad Rubama membuka sosialisasi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah di aula Kantor Kemenag Kabupaten Katingan, Rabu, 2 Desember 2020.

Sosialisasi dihadiri Kepala Kementerian Agama Kabupaten Katingan dan jajarannya.  Sementara pesertanya berasal dari sejumlah organisasi masyarakat Islam hingga pengurus dewan masjid.

Dalam kesempatannya, Ahmad Rubama mengatakan, saat pandemi Covid-19 ini hampir semua kegiatan tidak bisa berjalan sebagaimana biasanya. Termasuk bidang keagamaan salah satunya ibadah haji. 

"Tahun 2020 ini, pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 tahun 2020 memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke tanah suci," kata Ahmad Rubama. 

Hal ini sebagai imbas dari pandemi covid-19 yang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Arab Saudi.

"Tentu keputusan pemerintah ini dengan mempertimbangkan banyak hal, terutama kesehatan jemaah. Waktu persiapan tidak tidak cukup serta hingga tanggal 1 Juni 2020 tidak ada keputusan resmi dari Saudi, " katanya. 

Akan tetapi, imbuh Ahmad Rubama dengan tertundanya jamaah haji yang berangkat tahun ini, semua pihak bisa mengambil hikmahnya. Dengan ini, jamaah calon haji bisa lebih memantapkan lagi manasik hajinya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru