Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa Turan Amis Berdayakan Keluarga Miskin dengan Padat Karya Tunai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2020 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dalam kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini, pemerintah desa terus berkreasi mengelola anggaran yang ada di desa agar dapat membantu ketahanan ekonomi keluarga miskin, salah satunya melalui program padat karya tunai desa atau PKTD.

Kepala Desa Turan Amis, Linda Lanus mengungkapkan dalam kegiatan pembuatan siring dan cor beton jalan di komplek perkantoran desa, pemerintah desa melibatkan keluarga miskin dalam pekerjaan tersebut.

"Kami memprioritaskan rumah tangga miskin dan keluarga yang kehilangan pekerjaan dalam pembangunan jalan melalui program PKTD ini," ungkapnya, Rabu 2 November 2020.

Menurutnya, program PKTD selain dapat membantu memberikan penghasilan tambahan kepada keluarga miskin atau yang kehilangan pekerjaan, juga dapat menjamin kualitas pekerjaan karena dikerjakan sendiri oleh warga yang menggunakan jalan ini nantinya.

"Dengan rasa tanggung jawab sebagai warga desa yang menikmati fasilitas ini nanti, pasti mereka berusaha untuk mengerjakan dengan baik," alasannya.

Sementara itu Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Parwoto mengungkapkan, pembangunan siring dan cor beton jalan dengan ukuran lebar 6 meter dan panjang 38 meter tersebut menggunakan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 76 juta.

Pembangunan dengan waktu pelaksanaan 30 hari itu melibatkan total tenaga kerja  64 orang yang semuanya berasal dari warga.

"Tenaga kerjanya kami pilih dari 5 RT di Desa Turan Amis dan diutamakan dari rumah tangga miskin," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru