Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi covid-19 yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat pada 2021.

"Kalau sudah waktunya nanti kita siap mendukung pengadaan vaksin maupun kegiatan vaksinasi agar dapat berjalan dengan baik," ujar Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Namun meski program vaksinasi segera digulirkan, dia tetap mengimbau masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kita juga harus tetap mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran virus ini melalui penerapan protokol kesehatan," pesannya.

Untuk mensukseskan program vaksinasi tersebut, beberapa hari lalu bupati juga telah mengikuti rapat koordinasi atau rakor virtual pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19 yang digelar oleh Sekretariat Presiden RI.

Pada rapat tersebut Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyatakan Presiden Joko Widodo telah menandatangani penggunaan vaksin covid-19 untuk digunakan secara nasional dan pemerintah memastikan hanya menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai dengan rekomendasi WHO.

"Pemerintah akan melakukan vaksinasi covid-19 di Indonesia mulai 2021," ujarnya. Kala itu Terawan menyampaikan, untuk kelompok sasaran penerima vaksin covid-19 usia 18-59 tahun dengan skema program.

Adapun rencana sistem distribusi vaksin yakni melalui Kementerian Kesehatan disalurkan ke provinsi dan kabupaten/kota setelah itu disalurkan ke rumah sakit, puskesmas serta klinik/pos layanan lainnya.

"Selanjutkan diberikan kepada kelompok sasaran. Sistem ini dalam rangka penguatan pelaksanaan imunisasi covid-19 dengan target sasaran tenaga kesehatan di fasyankes," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru