Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan dari Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kelembagaan Petani Food Estate di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Desember 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kementerian Pertanian telah menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas dan kelembagaan petani food estate Kalteng, bertempat di Ballrom Permata Inn Kuala Kapuas, Rabu 2 Desember 2020.

Dalam kegiatan ini peserta Bimtek berasal dari sejumlah kelompok tani, dan petani serta penyuluh dari Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Peneliti Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian di Kementrian Pertanian, Endro Gunawan selaku pelaksana kegiatan menyampaikam sejumlah harapannya kepada para peserta Bimtek, diantaranya mengembangkan hasil produksi.

"Harapannya tentun setelah ikut Bimtek ini selain menguasai aspek budidaya mereka petani yang sudah mumpuni, itu bisa berfikir bisnis ke depannya," katanya.

Jadi diharapkannya petani tidak hanya menjual gabah tetapi bisa mengolah beras yang terhubung ke korporasi, sehingga tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga.

"Peserta Bimtek ini dari Kecamatan Bataguh di Desa Terusan Karya dan Terusan Mulya, karena istilahnya lokasi VIP nya lah yang sudah jalan atau berpotensi dikembangkan biar jadi contoh sama wilayah lain," ucapnya.

Kecamatan Bataguh khususnya di dua desa tersebut diketahui sudah ada kelembagaan seperti kelompok tani, RMU, kios-kios saprodi.

"Tetapi skalanya masih skala desa, nanti akan dibikin kluster melalui kegiatan ini sehingga diharapkan dapat mengembangkan produk pertanian," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru