Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Serahkan Bantuan Ayam Kampung Untuk Warga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 Desember 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah secara simbolis menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kobar berupa ayam kampung untuk warga Bungur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Rabu, 2 Desember 2020. Setiap warga mendapat bantuan sepasang ayam jantan dan indukan ayam betina.

Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Baznas Kobar, atas sinergitas dan dukungannya dalam membantu Pemkab Kobar untuk menjaga ketahanan pangan melalui ternak rumahan, berupa indukan ayam.

"Semoga bantuan satu pasang ekor ayam kampung ini bisa beranak pinak, sehingga dapat membantu warga penerima manfaat," ujar Hj Nurhidayah.

Selain itu juga, Bupati Kobar menyampaikan kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan keluarga, Pemkab Kobar melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) juga telah menyediakan bibit sayuran.

"Bagi ibu - ibu ini bisa memanfaatkan lahan kosongnya untuk ditanami sayuran, seperti terong atau cabai. Sehingga tidak perlu beli lagi. Kami sediakan bibit gratis di DKP, tinggal kordinasi dan didata dengan Rt dan lurah atau kades setempat, lalu ajukan permohonan ke DKP," kata Hj Nurhidayah.

Sementara itu, Kepala Baznas Kobar Suhartono Basran mengatakan, bahwa pada awalnya pihaknya telah membuat peternakan ayam kampung bersama masyarakat dengan sistem diberi bantuan indukan ayam kepada 13 kepala keluarga (KK) di Kampung Bungur, Kelurahan Baru dan berhasil.

"Alhamdulillah dari 13 KK itu semuanya berhasil, bahkan ada salah satu dhuafa seorang nenek yang ayamnya saat ini sudah berkembang sebanyak 100 ekor lebih," ungkapnya.

Melihat keberhasilan itu, lanjut Suhartono Basran, Baznas menambah lagi program untuk peternakan ayam kampung itu di Kampung Bungur sebanyak 10 KK lagi dan sekarang sudah selesai 3 unit kandang.

"Mudah - mudahan berkat doa dan usaha kita bersama, program ini akan berhasil. Sehingga masyarakat betul - betul terbantu dan Bungur bisa jadi sentral peternak ayam kampung," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru