Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Serahkan Alsintan Alat Panen Padi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Desember 2020 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk panen padi atau disebut combine hasvester, untuk petani di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Rabu, 02 November 2020. 

"Hari ini kami menyerahkan bantuan alsintan, yang menjadi harapan petani padi di Desa Lampuyang ini. Karena sangat membantu mereka dalam melakukan panen padi," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Rabu, 2 Desember 2020. 

Supian mengatakan, bantuan alat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat di era milenial saat ini. Karena dapat menghemat tenaga secara efesien. Baik dari jumlah tenaga manusia, dan juga waktu yang digunakan. 

Dirinya menjelaskan, panen padi dalam 1 hektare sawah biasanya dilakukan oleh 15 hingga 20 orang petani, dan waktu yang dibutuhkan selama 2 hingga 3 hari. Namun jika menggunakan mesin tersebut, hanya menggunakan tenaga kerja 4 orang, dengan waktu sekitar 2 jam saja. 

"Tentu hal ini akan membuat kerja lebih efesien, dan juga akan menghemat biaya nantinya," kata Supian.

Bantuan alsintan tersebut sendiri akan diserahkan kepada Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Teluk Sampit. Mereka yang akan menjadwalkan penggunaan mesin tersebut. Namun ada biaya yang harus dikeluarkan, guna operasional dan juga keperluan perawatan mesin. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru