Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luasan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat di Kotim Mencapai 24.993,46 Hektare

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Desember 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini mendominasi. Tidak hanya milik Perusahaan Besar Swasta (PBS), namun juga perkebunan milik rakyat.

"Luasan lahan perkebunan milik rakyat sendiri mencapai 24.993,46 hektare," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Kotim Sepnita, Rabu, 2 Desember 2020.

Dia mengatakan, perkebunan kelapa sawit milik rakyat memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat di daerah ini, tanpa mengesampingkan peran komoditi perkebunan lainnya.

"Kelapa sawit rakyat telah menjadi lokomotif pembangunan ekonomi pedesaan, menyerap tenaga kerja, mendorong pertumbuhan pendapatan daerah, dan mengurangi angka kemiskinan," terang Sepnita.

Kedepannya, pemerintah akan terus berupaya untuk mendukung perkebunan kelapa sawit milik rakyat demi terwujudnya sawit berkelanjutan, seperti yang saat ini sedang dicanangkan.

Selain kelapa sawit rakyat, di Kotim juga ada perkebunan sawit plasma dengan luasan 41.834,52 hektare, kelapa sawit revitalisasi 923,40 hektare, dan kelapa sawit milik PBS 386.207.920 hektare. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru