Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Positif Covid-19 di Lamandau Tembus 100, Meninggal Dunia Dua Orang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Desember 2020 - 23:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kasus positif Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Lamandau menunjukan peningkatan yang signifikan. Hingga Rabu, 2 Desember 2020, jumlah kasus positif tembus 102 orang, 2 di antaranya meninggal dunia. 

"Pasca-adanya lonjakan kasus positif covid-19 pekan lalu, Pemkab Lamandau terus melakukan swab test secara massif kepada pihak-pihak yang didata sesuai hasil tracking. Hasil swab test yang keluar terakhir yakni Selasa kemarin (1 Desember 2020) terdapat 23 orang lagi yang dinyatakan positif, sehingga jumlah total kasus positif Covid-19 di Lamandau hingga saat ini berjumlah 102 orang," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Lamandau, H Hendra Lesmana, Rabu 2 Desember 2020.

Hendra Lesmana yang juga Bupati Lamandau itu menyebut, lonjakan kasus yang terjadi di Lamandau pada dua pekan terakhir ini cukup memprihatinkan. Terlebih, kata dia, pekan lalu satu pasien yang di rawat di RSSI Pangkalan Bun, meninggal dunia. Sehingga menambah jumlah pasien postif Covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Lamandau menjadi dua orang. 

Hendra juga mengatakan, hasil analisa dan evaluasi yang pihaknya lakukan, beberapa faktor yang menjadi penyebab meledaknya jumlah kasus positif Covid-19 di Lamandau antara lain ialah intensitas keluar masuk penduduk sudah mulai tinggi.

"Selain itu, Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau kenormalan baru yang berlaku saat ini justru cenderung menurunkan tingkat kewaspadaan di tengah masyarakat sehingga masyarakat seringkali abai terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19," sebutnya. 

Hendra Lesmana mengimbau masyarakat Lamandau untuk tetap menjalankan pola kehidupan baru dengan tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Pemerintah daerah senantiasa mengingatkan agar seluruh masyarakat jangan sampai terlena dengan kelonggaran-kelonggaran yang diberikan pada adaptasi kehidupan baru, tetap memakai masker, kebiasaan cuci tangan dan jaga jarak, agar peningkatan kasus ini segera dapat diatasi," imbau Hendra.

Dirinya juga berharap, menjelang pelaksanaan Pilkada nanti gugus tugas Covid-19 Lamandau dapat bekerja maksimal untuk memastikan titik penyebaran corona di wilayah Kabupaten Lamandau.

"Menjelang pemilu tanggal 9 Desember nanti, gugus tugas terus melakukan contact tracking dan pelacakan orang-orang yang diduga melakukan kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif," tegasnya.

Diketahui, data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lamandau berdasarkan laman corona.lamandaukab.go.id tercatat 102 orang terkonfirmasi positif, 70 orang dalam perawatan, sembuh 30 orang dan 2 orang meninggal dunia. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru