Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Gempa dari Selat Sunda Getarkan Lampung Selang Semenit

  • Oleh Teras.id
  • 03 Desember 2020 - 09:45 WIB

TEMPO.COJakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat dua kali gempa bersumber dari laut di perairan Selat Sunda pada Rabu malam ini, 2 Desember 2020. Gempa 4,6 dan 4,3 Magnitudo itu sama dirasakan hingga skala III MMI, terasa di dalam rumah seakan truk sedang melintas, di Bandar Lampung, Natar, Pesawaran, dan Pringsewu.

Kedua gempa hanya berselang tak sampai satu menit yakni pada pukul 20.54 dan 20.55 WIB. Gempa yang pertama, berkekuatan 4,6 M, disebut memiliki sumbernya di laut, 50 kilometer selatan Pesawaran.

Sedang yang kedua juga dari laut, 56 kilometer tenggara Tanggamus. Gempa yang pertama terukur dari kedalaman 10 kilometer sedang yang kedua memiliki magnitudo lebih kecil tapi kedalaman sangat dangkal yakni 1 kilometer.

Pada hari ini pula, BMKG juga menyebutkan terjadi gempa yang dapat dirasakan di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Gempa berkekuatan 4,8 M itu terjadi pada pukul 10.33 WIB.

Sumbernya di laut, 60 kilometer tenggara Bulukumba, dengan kedalaman 10 kilometer. Dampak gempa ini dirasakan pada skala III MMI di Selayar dan terasa lebih lemah di Bulukumba.

Tiga gempa tersebut dicatat BMKG setelah sepanjang dua hari sebelumnya sepi dari getaran gempa yang bisa dirasakan. Gempa terakhir terjadi pada Minggu lalu dengan delapan gempa yang tersebar di Parigi Moutong, Bengkulu, Sumbawa Barat, Tulungagung, dan Sukabumi.

TERAS.ID

Berita Terbaru