Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

CFD Ditutup Sementara, Pelaku UKM Diminta Manfaatkan Pemasaran Online

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Desember 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kegiatan masyarakat Care Free Day (CFD) di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ditutup sementara akibat meningkatnya kasus Covid-19, sehingga pelaku usaha kecil menengah yang biasa berjualan di CFD disarankan untuk memasarkan dagangannya secara online.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi UKM (Disperindagkop) UKM Kobar, Muhammad Yadi mengatakan di tengah mewabahnya pandemi Covid-19, sejumlah aktifitas masyarakat dibatasi. Untuk itu disarankan pelaku UKM agar memanfaatkan layanan online untuk berdagang.

"Sejauh ini kita selalu menghimbau dan menyarankan kepada pelaku UKM baik yang di CFD maupun di mana saja untuk berkreasi memanfaatkan marketplace, sosial media untuk memasarkan produknya," katanya, Kamis 3 Desember 2020.

Yadi menyampaikan setidaknya ada sekitar 278 UKM pedagang yang berjualan di CFD. Pihaknya pun memahami penutupan CFD karena pandemi covid-19 ini tentunya sangat berdampak pada pendapatan pedagang.

Untuk itu pemerintah pusat memberikan bantuan melalui PEN, selanjutnya adalah bagaimana UMK ini Go digital untuk memasarkan produknya.

Belum lama ini juga Diskominfo Kobar mengadakan webinar manfaat PEN. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kobar Rody Iskandar mengajak pelaku UKM untuk Go Digital.

Memanfaatkan Internet dan teknologi informasi (TI) menjadi salah satu cara bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pendapatan.

"Pembatasan sosial mengakibatkan pemasaran secara konvensional menjadi terbatas. Maka sarana online menjadi solusi yang menjanjikan," tuturnya.

Jadi kenapa harus digital, saat ini semua orang ada di Internet, bisa menjangkau lebih banyak orang, lebih hemat biaya pemasaran dan tidak ada batasan ruang dan waktu. Untuk memulainya, UMK cukup menyiapkan akun medsos, bergabung di market place. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru