Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lembaga Keuangan Hendaknya Permudah Pinjaman Modal kepada Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 03 Desember 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur,H. Hairis Salamad mendorong agar akses permodalan bagi petani dan masyarakat bisa dipermudah, terutama untuk perbankan milik daerah. 

Hal ini sangat penting dilakukan untuk melakukan perbaikan kondisi ekonomi di Kabupaten Kotim pada 2021.

Sejumlah pihak yang perlu akses permodalan ini yakni petani, nelayan dan wiraswasta lainnya. Saat ini salah satu kendala mereka yakni di modal yang terbatas untuk meningkatkan usaha.

“Khususnya kepada lembaga keuangan   milik daerah hendaknya bisa mempermudah pinjaman kepada  masyarakat yang membutuhkan,  terutama dari masyarakat yang berprofesi petani hingga nelayan," katanya, Kamis, 3 Desember 2020

Hairis tetap berharap dukungan pemerintah terhadap sektor  yang membangun ekonomi masyarakat jangan terputus. 

Termasuk dukungan di sektor usaha mikro kecil  dan menengah. Pihak perbankan, tidak perlu ragu untuk berinvestasi kepada UMKM maupun para petani. 

Sebab menurutnya perkembangan ekonomi di  daerah tersebut  masih stabil bahkan di atas rata-rata daerah lainnya di Kalteng.

Sejauh ini petani dan lain sebagainya memang terkendala modal. Akses permodalan ke perbankan berupa pengucuran KUR  sangat membantu  petani dan nelayan.

Dia mengakui salah satu upaya untuk menekan angka kemiskinan dengan cara tersebut. Selain juga program pemerintah lainnya berjalan.

Dari itu ia mendorong bagaimana ke depanya akses modal masyarakat bisa lebih mudah untuk bisa mengembangkan sektor usaha kecil menengah yang sedang diperlukan untuk memulikan kondisi ekonomi secara global. (NACO/B-6)

Berita Terbaru