Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Pencemaran Lingkungan, Pemkab Kobar Susun Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Desember 2020 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) Tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pengelolaan limbah domestik, hal tersebut sebagai upaya mencegah pencemaran lingkungan dan mewujudkan lingkungan yang sehat.

Dimana Pemkab Kobar telah menggelar workshop pendampingan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik Kabupaten Kotawaringin Barat, di salah satu hotel di Pangkalan Bun, 3 Desember 2020.

Dalam Kegiatan workshop tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Tengah, Kadis PUPR, Pimpinan BRI dan Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun, Pimpinan hotel dan restaurant, Real Estate Indonesia (REI) Pangkalanbun, beserta tim penyusun Pokja dan anggota dinas PUPR Kobar.

Saat memberikan sambutannya, Bupati Hj Nurhidayah menyampaikan bahwa pengendalian lingkungan adalah suatu permasalahan yang harus di upayakan, guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan salah satu upaya penting dalam pengendalian lingkungan adalah bagaimana penanganan limbah domestiknya.

"Pemerintah dalam hal ini memiliki peran sebagai penata tupoksi kelembagaan dan koordinasi antar instansi pemerintah, agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan air limbah domestik, seperti dalam hal penyelenggaraan sarana dan prasarana. Untuk itu, dalam hal ini sepatutnya dipertegas dengan adanya regulasi yang di tetapkan melalui kebijakan resmi yang tertuang dalam peraturan daerah," kata Hj Nurhidayah.

Rancangan Peraturan Daerah tentang pengelolaan air limbah domestik bertujuan untuk menghindari pencemaran air tanah, sungai dan sumber mata air lainnya, meningkatkan kualitas sanitasi, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan untuk meningkatkan pelestarian lingkungan hidup.

"Semakin bertambhanya penduduk maka akan meningkatnya pemukiman, sehingga ini perlu kita antisipasi kedepan. Bagaimana pemukiman masyarakat ini selalu terjaga lingkungannya, tetap sehat dan tidak tercemar," ungkapnya.

Dalam kesempatan bertepatan dengan hari bakti PU ke-75 ini, Bupati Hj Nurhidayah memberikan apresiasi kepada Dinas PUPR Kobar, yang telah bekerja keras sebagai pembangun dasar Kabupaten Kotawaringin Barat, insfrastuktur dan konsorsium akses pembukaan jalan.

Bupati juga berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada ASN yang memiliki dedikasi tinggi, atas keberhasilan PUPR Kobar dalam membangun infrastruktur di Kobar. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru