Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program KIA Sukamara Lampaui Target Nasional

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Desember 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Program Kartu Indentitas Anak (KIA) Kabupaten Sukamara melampaui target nasional. Meski begitu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat terus meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya KIA bagi anak.

"Untuk KIA kita masih aman, karena targetnya kita sudah lebih dari nasional, yakni 23 persen, sedangkan untuk target nasional 22 persen atau sekitar 21 persen. Yang jelas kita lebih dari target tersebut," kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Sukamara, Sandy Eka Miharja, Kamis, 3 Desember 2020.

Saat ini, program tersebut masih menyasar kepada para pelajar. Kerja sama dengan pihak sekolah-pun dilakukan agar mudah dalam melakukan pendataan.

"Memang program ini kita lebih menyasar kepada kalangan pelajar baik di tingkat SD maupun SMP," ujarnya.

Sandy mengakui, partisipasi orang tua terhadap program KIA masih rendah, karena beranggapan belum mempunyai kepentingan terhadap hal tersebut.

"Memang untuk partisipasi program ini sangat kurang di wilayah kita, tetapi kita bersyukur untuk target kita sudah melampaui nasional, dan kita akan berupaya supaya anak-anak di Sukamara semua bisa memiliki identitas," tutur Sandy.

Dia menambahkan, untuk anak di bawah usia 5 tahun, KIA yang diberikan belum memiliki foto. Sedangkan anak di atas usia 5 tahun sampai dengan 17 tahun kurang, memiliki foto.

"KIA ini sidah memiliki nomor NIK. Jadi saat mereka berganti menggunakan KTP, maka NIK yang di KIA tetap dipakai, hanya ganti kartu saja," tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru