Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukcapil Sukamara Akan Gandeng Dikbud Tingkatkan Partisipasi Program KIA

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Desember 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sukamara akan manggandeng atau menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan partisipasi orang tua terkait program KIA.

"Masyarakat menganggap bahwa kartu identitas anak tidak begitu diperlukan sehingga banyak orang tua yang tidak mengurusnya, " kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Sukamara, Sandy Eka Miharja, Kamis, 3 Desember 2020.

Oleh karena itu, kedepan, pihaknya berencana bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara dalam mengatasi hal tersebut. Salah satunya menjadikan KIA sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai siswa baru.

"Untuk meningkatkan partisipasi, mungkin dalam penerimaan siswa baru salah satu syarat yang wajib dipenuhi orang tua adalah anak tersebut harus memiliki KIA," ujar Sandy.

"Jadi rencana kedepannya seperti itu, supaya bisa meningkatkan partisipasinya," tambahnya.

Sandy melanjutkan, sebelumnya, pihaknya telah memiliki program terkait KIA, yakni melakukan keliling ke sekolah-sekolah agar siswa bisa mengikuti program tersebut.

"Hanya saja karena adanya pandemi covid-19 membuat program tersebut tidak bisa kita laksanakan," ungkapnya.

Dalam proses pembuatan kartu identitas anak tidak membutuhkan banyak persyaratan. Cukup akta kelahiran anak dan kartu keluarga, maka KIA sudah bisa dicetak. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru