Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Dorong Pemda Lakukan Stimulus Hadapi Lesunya Roda Perekonomian

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Desember 2020 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia mendorong agar seluruh pemerintah daerah di Kalteng untuk melakukan berbagai stimulus dalam mengkatalis lesunya roda perekonomian sejak pandemi covid-19 ini.

"Stimulus yang kami maksud bisa berupa pengoptimalan realisasi belanja pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota di waktu yang tersisa pada tahun anggaran 2020 ini," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah, Rihando saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia melalui virtual di Palangka Raya, Kamis, 3 Desember 2020.

Penyerapan realisasi belanja yang tepat akan berdampak positif mendorong aktivitas produksi dan memperbaiki pendapatan masyarakat.

"Dalam rangka mendorong penyerapan realisasi anggaran yang cepat dan mudah, penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah atau ETP dapat dilakukan," katanya.

ETP tersebut menurutnya juga memberikan beberapa manfaat bagi pemda dalam mengoptimalkan kinerja.

"Manfaat ETP tersebut dimulai dari memperkuat efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan negara, meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik kecepatan transaksi keuangan dan transparansi, mencegah kebocoran pelayanan publik, serta mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru