Software Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Kembangkan Aplikasi Berbasis Android untuk Cegah Karhutla

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Desember 2020 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam menyikapi maraknya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit melakukan serangkaian upaya pencegahan dan penanggulangan, tidak terkecuali PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS.

"Sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, SSMS berkomitmen memantau dan mengelola risiko kebakaran dengan mengembangkan aplikasi berbasis android," kata Head of Sustainability SSMS, Rudy Hendrarto seperti dimuat dalam Newsletter PT SSMS edisi 3 tahun 2020.

Rudy menyampaikan, sejak tahun 2019, perusahaan terus berinovasi untuk mengembangkan aplikasi yang terintegrasi dan realtime melalui dua sistem yakni sistem peringatan dini atau early warning system dan sistem deteksi dini atau early detection system.

"Pertama, sistem peringatan dini meliputi Fire Danger Rating System atau FDRS dan pembuatan peta rawan kebakaran digital dengan menggunakan parameter seperti data hotspot 5 tahun terakhir, perubahan tutupan lahan, radius 1 -5 km dari pemukiman, jalan serta sungai," jelasnya.

Kedua, lanjut Rudy, sistem deteksi dini yang meliputi monitoring titik api atau hotspot menggunakan database dari LAPAN dan NASA yang terkoneksi dengan aplikasi groundcheck hotspot android, patroli api yang terkoneksi dengan database online FDR.

"Manfaat aplikasi ini untuk mendeteksi terjadinya kebakaran sejak dini serta mengetahui waktu dan zona atau lokasi yang rawan kebakaran sehingga dapat meminimalisir atau mencegah terjadinya kebakaran dalam skala yang besar," terangnya.

Aplikasi ini menurut Rudy sudah diterapkan di seluruh unit kerja, dan adanya aplikasi berbasis android ini dapat memudahkan dan membantu tim Darkahutla Perusahaan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran di area atau sekitar konsesi perusahaan. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru