Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Berikan Pelatihan Penanggulangan Karhutla ke Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Desember 2020 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS membentuk Kelompok Tani Peduli Api atau KTPA dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri atau APKSM, seperti dimuat dalam Newsletter PT SSMS edisi 3 tahun 2020.

Sebanyak 13 orang perwakilan petani swadaya dan pengurus yang tergabung dalam APKSM mendapatkan pelatihan penanggulangan karhutla dari tim Fire Management SSMS. Pelatihan yang diberikan berupa teknik pemadaman kebakaran penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan atau APAR.

Sebelumnya, para peserta pelatihan ini juga mendapatkan pembekalan materi deteksi titik api atau hotspot menggunakan aplikasi berbasis android yang mudah diakses dan dipraktekkan oleh petani APKSM.

Joko, perwakilan petani swadaya APKSM menyampaikan, pelatihan ini sangat berguna, karena titik kebakaran dapat dengan mudah dipantau meskipun posisi sedang berada di rumah.

"Dengan memanfaatkan aplikasi monitoring hotspot online yang telah dibuat oleh perusahaan, kami dengan mudah bisa mengetahui letak koordinat titik api bahkan dapat mengetahui jarak dan arah menuju titik api melalui peta dan kompas digital yang sudah terinstal," kata Joko.

Instruktur Pelatihan, Asnawi mengatakan aplikasi yang dirancang SSMS dibuat sesederhana mungkin untuk dapat diaplikasikan oleh karyawan termasuk petani anggota APKSM.


"Pemberian pelatihan pada asosiasi petani binaan ini wujud komitmen perusahaan dalam peningkatan pengendalian Karhutla. Harapannya, setelah pelatihan ini masing-masing anggota APKSM memiliki kesadaran untuk memantau dan mengantisipasi bahaya kebakaran di lahannya. Pada kesempatan ini, SSMS juga memberikan bantuan kepada APKSM berupa satu set alat pompa air yang digunakan untuk perlengkapan pemadam kebakaran," kata Asnawi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru