Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Bartim Dampingi Itwasda Polda Kalteng Cek Kantor KPU Dan Bawaslu

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Desember 2020 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur, AKBP Afandi Eka Putra mendampingi Itwasda Polda Kalteng yang diwakili Auditor Madya TK III Kombes Pol Enriko S Silalahi, saat pengecekan kantor KPU dan Bawaslu Barito Timur.

"Pengecekan meliputi pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana masing-masing objek vital itu," jelas Afandi Eka Putra, Kamis, 3 Desember 2020.

Dia menjelaskan, hal ini untuk memastikan kesiapsiagaan pengamanan semua tahapan Pilgub Kalteng yang digelar di Barito Timur.

"Selain mengecek personel maupun peralatan, kita juga bersilaturahmi dengan ketua KPU maupun Bawaslu sehingga dapat berkoordinasi dengan baik selama proses Pilkada 2020," imbuh Afandi.

Dia menambahkan, dalam beberapa hari ke depan KPU akan mulai mendistribusikan surat suara. Dan setiap pergeseran logistik Pilkada Kalteng 2020 akan didampingi dan dikawal personel TNI Polri.

"Sampai ke TPS, sampai pemungutan dan perhitungan suara hingga logistik surat suara tersebut kembali ke KPU akan dikawal," ujarnya.

Afandi menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan beberapa kerawanan pada pemilu kali ini. Hasilnya ada beberapa kerawanan yang ditemukan baik terkait sengketa status kependudukan maupun bencana alam.

"Terkait kerawanan bencana alam, mengingat saat ini telah memasuki musim hujan, kami telah melakukan mitigasi atau penilaian risiko serta berkoordinasi dengan KPU dan instansi terkait lainnya untuk melakukan antisipasi. Semua sudah membuat persiapan, jadi seandainya terjadi banjir bagaimana cara bertindak dan mengatasi sudah disiapkan dengan baik," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru