Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangun PKS Jika Ingin Selamatkan Petani Kelapa Sawit

  • Oleh Naco
  • 04 Desember 2020 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Parimus  mengatakan membangun pabrik kelapa sawit (PKS) untuk menyelamatkan petani lokal sawit dan sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah. 

Menurutnya daerah sudah ada dasar hukum berupa peraturan daerah. Jadi tinggal membentuk badan usaha milik daerah (BUMD), lalu bisa dibangun pabrik itu.

Dilanjutkannya, Kotim sudah memiliki perda  tentang BUMD Bidang Usaha Pengelola Hasil Perkebunan sehingga pembangunan pabrik kelapa sawit sudah seharusnya dilakukan karena potensinya sangat besar.

"Sektor ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan PAD juga," ucap Parimus, Jumat, 4 Desember 2020.

Dia mengatakan manfaat pembangun pabrik kelapa sawit tersebut untuk menyelamatkan petani kelapa sawit lokal. 

Pabrik ini nantinya bisa membantu petani lokal untuk menjual hasil panen kebun sawit secara mudah, tidak seperti terjadi sekarang. 

Dia meminta pemerintah kabupaten tidak takut gagal. Jika belum mampu mandiri, maka BUMD bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. 

Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit juga tidak perlu takut tersaingi dengan pabrik kelapa sawit yang akan dibangun pemerintah kabupaten karena targetnya adalah sawit milik petani rakyat sehingga tidak mengganggu perusahaan.   

"Kita harus menjaga dan mendorong investasi perusahaan swasta, tapi masyarakat kita juga harus kita selamatkan. Jangan seperti dulu, Kotim merupakan daerah penghasil kayu terbesar di Indonesia, tapi kita dapat apa. Makanya potensi perkebunan sawit yang besar ini juga harus memberi manfaat bagi rakyat dan daerah," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru