Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendag Lepas Ekspor Produk UKM Senilai Triliuan Rupiah

  • Oleh ANTARA
  • 05 Desember 2020 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melepas ekspor produk UKM bersamaan dengan non-UKM ke pasar Global 2020 senilai triliunan rupiah.

Mendag Agus Suparmanto dalam acara pelepasan produk Indonesia ke pasar Global 2020, di Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat, mengatakan ekspor kali ini melibatkan 133 perusahaan.

"Terdiri dari 79 perusahaan kategori non-UKM dan 54 perusahaan kategori UKM dengan total ekspor di Desember 2020 senilai 1,64 miliar dolar AS atau setara dengan Rp23,75 triliun ," kata Mendag Agus yang disiarkan Sekretariat Presiden secara daring.

Dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut Mendag Agus mengatakan pada pelepasan ekspor kali ini terdapat perusahaan non-UKM yang baru perdana melakukan ekspor. Perusahaan tersebut yakni PT Universal Strategic Alliance dari Mojokerto, Jatim.

"Dimana mereka berhasil mengekspor produk cerutu senilai 86.400 dolar AS atau setara Rp1,28 miliar ke pasar Jepang," kata Mendag.


Selain itu, kata dia, terdapat tujuh perusahaan yang berhasil melakukan diversifikasi sehingga berhasil mengekspor produk baru.

Ketujuh perusahaan tersebut yakni PT Bumi Pangan Utama dari Propinsi Banten dengan produk udang tepung, PT Mukura Dasdhot dari Propinsi Banten dengan produk roster 3 dimensi, dan PT Makmur Jaya Sejahtera dari Bali dengan produk fillet ikan snapper opakared snappergrouper.

Kemudian PT Kewalram dari Propinsi Jawa Barat dengan produk woman apparel dengan embroidery, PT Tri Sinar Purnam dari Jawa Tengah dengan produk cor sambungan pipa besi, PT Sorini Agro Asia Corporindo dari Jawa Timur dengan produk sorbitol untuk pasta gigi, serta PT. Mega Suryamas dari Jawa Timur dengan produk soap noodles.

“Total nilai ekspor hasil diversifikasi produk baru dari perusahaan non-UKM tersebut mencapai 24,42 juta dolar atau setara Rp354,16 miliar," katanya.

Sementara itu dalam acara tersebut Presiden Jokowi mengatakan bahwa salah satu kunci untuk memperbaiki perekonomian nasional adalah dengan meningkatkan ekspor.

Berita Terbaru