Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus HIV AIDS di Gunung Mas, Begini Kata Wakil Bupati

  • Oleh Magang 1
  • 04 Desember 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P. Umbing mengatakan di Kabupaten Gunung Mas sampai tahun 2020 terdapat 46 kasus HIV AIDS positif.

“46 kasus positif itu baik yang aktif menjalani pengobatan, Loss ARV atau tidak mau berobat atau menghilang, sudah meninggal dunia, dan pindah domisili,” ujarnya saat Sosialisasi HIV AIDS dan Layanan Pemeriksaan Kesehatan, di Kuala Kurun, Jumat 4 Desember 2020.

Dia menuturkan, kebanyakan Orang Dengan HIV-AIDS atau ODHA dari Kabupaten Gumas menjalani pengobatan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Diyakini bahwa angka sebenarnya dapat lebih besar layaknya fenomena gunung es, di mana yang terlihat hanya bagian kecil di permukaan tapi sebenarnya bagian besar di dasarnya tidak terlihat.

Wakil Bupati yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS atau KPA Kabupaten Gumas menyebut, hal itu diakibat karena berbagai faktor, antara lain kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat sehingga tidak melakukan pemeriksaan secara dini.

Kemudian terbatasnya penyebarluasan informasi, keterbatasan sumber daya manusia, serta terbatasnya akses masyarakat terhadap tes dan pengobatan HIV.

“Rangkaian kegiatan pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan peran aktif masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS,” tukas Efrensia. (MAGANG/B-7)

Berita Terbaru