Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kata Kepala DLH Terkait Bencana Banjir di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Desember 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan Hap Bapperdo mengungkapkan terkait fenomena bencana banjir yang terjadi di kabupaten setempat, terutama selama tahun 2020.

"Banjir di wilayah Kabupaten Katingan adalah hal yang biasa bahkan dapat dikatakan merupakan hal rutin yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Katingan, khususnya yang bermukim di DAS Sungai Katingan pada periode musim penghujan setiap tahunnya," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan Hap Bapperdo, Jumat,  4 Desember 2020.

Ia melanjutkan, pada periode dan curah hujan dengan kapasitas normal, masyarakat umumnya dapat beradaptasi walaupun banjir terjadi waktu yang relatif lama dan dampaknya dapat diantisipasi oleh masyarakat.

Namun apabila banjir terjadi dalam kondisi tidak biasa atau diatas normal maka akan menimbulkan dampak dan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat. 

"Pada tahun 2020, banjir besar terjadi di DAS Katingan sebagai akibat luapan air yang tidak dapat ditampung sungai Katingan pada periode Minggu II September, berlangsung selama kurang lebih 3 minggu. Berselang satu bulan kemudian yaitu Minggu III November kembali terjadi banjir yang berlangsung selama kurang lebih 1 minggu," katanya.

Hap Bapperdo menambahkan, berdasarkan analisa dari data cuaca dan parameter lainnya, dapat disampaikan beberapa hal penyebab terjadinya banjir itu. 

"Yaitu di antaranya  musim hujan tahun ini disertai dengan fenomena La Nina yang menjadi salah satu pemicu tingginya curah hujan, " tuturnya. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru