Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Targetkan Sungai Arut Steril dari Jamban di 2021

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Desember 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mewujudkan kota sehat serta mempromosikan Sungai Arut menjadi tujuan wisata favorit, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menggalakkan program gerakan nol jamban (Goban).

Kepala Dinas PUPR Kbar Junni Gultom menjelaskan, pemkab memproyeksikan Sungai Arut menjadi objek wisata kuliner dan susur sungai di 2022. Untuk itu, progam nol jamban akan dimulai pada awal tahun 2021 diawali dengan penandatangan kesepakatan bersama pihak terkait.

"Gobar tersebut selain program kesehatan juga untuk mendukung wisata. Pada tahun 2021, ditargetkan Sungai Arut steril dari jamban," kata Junni.

Junni menambahkan, pihaknya sudah melakukan gerakan untuk mengurangi jamban yang ada di Sungai Arut, dengan membangun Water Front City. Pembangunan WTC juga mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi.

Selain itu, untuk mendukung program nol jamban di Sungai Arut, Dinas PUPR Kobar akan memberikan hibah sebanyak 1.000 unit jamban komunal untuk masyarakat di bantaran Sungai Arut. Mulai dari Kelurahan Baru, Kelurahan Raja, Kelurahan Raja Seberang, Kelurahan Mendawai, dan Kelurahan Mendawai Seberang.

"Sebanyak 300 unit jamban komunal untuk warga tepian Sungai Arut dan 700 unit jamban untuk warga yang bermukim di darat dan belum mempunyai jamban," tuturnya.

Junni mengakui, Program Goban ini tidak mudah direalisasikan. Apalagi jamban di tepi Sungai Arut ini sudah ada dari sejak dulu dan menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat, seperti untuk buang hajat maupun mandi.

"Memang tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat, tetapi pelan - pelan kita mulai tanamkan budaya hidup sehat. Diharapkan kerjasama dari semua pihak khususnya masyarakat di bantaran Sungai Arut agar mendukung program tersebut," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru