Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Survei Charta Politika Indonesia: Paslon H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo Unggul

  • Oleh Tim Borneonews
  • 05 Desember 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Charta Politika Indonesia mengumumkan hasil survei preferensi politik masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada 9 Desember 2020. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 02 H Sugianto Sabran- H Edy Pratowo terlihat lebih unggul dibandingkan paslon Ben Brahim S Bahat - Ujang Iskandar.

Direktur Eksekutif Charta Politika Charta Politika Yunarto Wijaya menyampaikan rilis sebagaimana diterima borneonews.co.id, Sabtu, 5 Desember 2020. Di mana hasil survei lembaganya tersebut menemukan beberapa temuan menarik, yaitu:

Pertama, pada sisi pengenalan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Sugianto Sabran memiliki tingkat pengenalan tertinggi dan maksimal, sudah berada di atas 90 persen. Diikuti berikutnya oleh Edy Pratowo. Sementara itu, tingkat pengenalan terhadap Ujang Iskandar dan Ben Brahim S Bahat masih berada di bawah 60 persen.

Kedua, pada pertanyaan elektabilitas, Sugianto Sabran-Edy Pratowo (57,8%) berada di atas Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar (33,6%) dengan selisih berkisar 24 persen. Sebanyak (8,6%) responden menyatakan Tidak Tahu / Tidak Jawab.

Ketiga, tingkat kemantapan pilihan terhadap pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah sudah tergolong tinggi, sebanyak (71,2%) menyatakan sudah mantap. Sementara sebanyak (17,6%) menyatakan masih mungkin berubah dan (11,2%) menyatakan Tidak Tahu/Tidak Jawab. Strong voters dari kedua pasangan calon cukup jauh, di mana strong voters pada pasangan Sugianto Sabran – Edy Pratowo mencapai (80,2%) sementara strong voters pada pasangan Ben Brahim S Bahat – Ujang Iskandar masih berada pada angka (68,7%).

Keempat, awareness publik mengenai Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah tergolong merata di Provinsi Kalimantan Tengah (95,7%). Selain itu, antusiasme untuk ikut serta dalam Pilkada juga tergolong sangat tinggi (94,9%).

Kelima, mayoritas responden menyatakan puas terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di bawah kepemimpinan Sugianto Sabran – Habib Said Ismail. Sebanyak (77,8%) responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sementara 17,9%) responden menyatakan tidak puas. Sedangkan (4,3%) responden menyatakan Tidak Tahu / Tidak Jawab.

Keenam, pengujian elektabilitas juga dilakukan dengan menggunakan simulasi kertas suara. Hasil yang diperoleh adalah, pilihan terhadap Sugianto Sabran-Edy Pratowo meningkat menjadi (59,6%) sementara pilihan terhadap Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar turun menjadi (27,3%). Sedangkan sebanyak (13,1%) responden menyatakan tidak memilih.

Pengumpulan data survei tersebut menurut Yunarto  dilakukan pada 27 November – 2 Desember 2020 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 1200 responden yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2,83%) pada tingkat kepercayaan 95%.   (*/B-5)

Berita Terbaru