Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Anggota PPS dan KPPS di Barito Timur Positif Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Desember 2020 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 6 anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di Kabupaten Barito Timur terkonfirmasi positif covid-19.

Hal ini diungkapkan Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Simon Biring, saat dimintai konfirmasi terkait data terbaru covid-19, Sabtu, 5 Oktober 2020.

Enam anggota PPS dan KPPS yang seharusnya bertugas dalam Pilgub Kalteng 2020 tanggal 9 Desember tersebut berasal dari Desa Bagok, Lampeong, Pulau Padang, Patung, Nagaleah dan Kelurahan Ampah kota.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Barito Timur, Zarmiyeni menjelaskan anggota PPS maupun KPPS yang terkonfirmasi positif covid-19 tidak dibenarkan melaksanakan tugas pada pada pemilihan umum dan harus menjalani perawatan sebagaimana yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19.

"Jadi langkah yang kami ambil bagi KPPS yang positif covid-19 harus menjalani ketentuan sebagaimana yang ditetapkan oleh gugus tugas," kata Zarmiyeni.

Dihubungi terpisah Ketua KPU Barito Timur, Andy A Gandrung juga menegaskan bahwa anggota PPS maupun KPPS yang terkonfirmasi positif covid-19 secara otomatis tidak boleh melaksanakan tugas.

Menurutnya, KPU belum merencanakan menyiapkan pengganti bagi anggota KPPS yang sakit, melainkan akan memberdayakan anggota KPPS yang tersisa.

"Di setiap TPS anggota KPPS ada 7 ditambah dengan 2 orang PAM TPS Jadi kalau hanya satu atau dua orang anggota KPPS yang terpapar covid-19 atau berhalangan maka tidak dilakukan penggantian," jelas Andy.

"Dalam hal anggota KPPS yang berhalangan lebih dari 2 orang sehingga jumlah anggota KPPS kurang dari 5 orang, maka dilakukan penggantian anggota KPPS," pungkasnya.

Diketahui, pada hari ini di Barito Timur terdapat peningkatan kasus positif covid-19 sebanyak 9 orang. Selain itu terdapat 1 orang yang dinyatakan sembuh.

Berita Terbaru