Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Segera Turunkan Tim Guna Amati Penyakit pada Karet

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Desember 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur meresponi laporan yang disampaikan petani karet terkait gejala penyakit tertentu yang menyerang tanaman karet yang menyebabkan bintik dan rontoknya daun karet.

"Kami segera menurunkan tim pengamat hama penyakit dalam minggu ini," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Timur, Trikorianto kepada Borneonews, Senin 7 Desember 2020.

Dalam beberapa hari terakhir dia mengaku telah menerima informasi dari petani terkait serangan penyakit ini, namun belum bisa dipastikan jenis penyakit yang menyerang tanaman karet.

"Tahun ini ada kelainan pada tanaman karet namun pengaruhnya kepada penurunan produksi getah karet tidak terlalu signifikan karena terjadi pada musim hujan, selain itu tidak semua daun pada pohon karet mengalami keguguran atau gundul," jelasnya.

Informasi yang diperoleh dari masyarakat saat ini tidak semua wilayah di Barito Timur terserang oleh penyakit rontok daun pada karet.

"Jadi hanya wilayah tertentu saja, dan sepertinya karet yang terserang penyakit juga hanya jenis tertentu, ini yang nanti akan diamati di lapangan," ujar mantan Camat Patangkep Tutui dan Benua Lima ini.

"Yang pasti Dinas Pertanian melalui bidang perkebunan akan siap membantu petani untuk mengkaji jenis penyakit mengendalikan penyakit pada tanaman karet tersebut," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru