Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Sukamara Rapid Test Petugas Penyelenggara, Ada yang Reaktif

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Desember 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Memastikan kesehatan penyelenggaran Pilkada 2020, KPU Sukamaea telah melakukan rapid test, di mana 10 orang diataranya menunjukan hasil reaktif. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, yang bersangkutan langsung melakukan isolasi mandiri.

"Untuk alat pelindung diri yang di TPS, APD yang di KPPS, APD yang di PPK dan APD yang di KPU Sukamara semuanya sudah clear," kata Ahmad Zen Alantany, Selasa, 8 Desember 2020.

Selain itu, untuk memastikan bahwa petugas penyelenggara aman dari paparan covid-19, pihaknya melakukan rapid test. Dan hasil rapid ada beberapa petugas yang hasilnya reaktif.

"Hasil dari rapid test, memang ada yang harus melakukan isolasi mandiri, aturan dan mekanismenya memang seperti itu, dan untuk data tidak sampai 10 orang," ujarnya.

Zen menjelaskan, bahwa petugas yang reaktif tidak menumpuk dalam satu TPS, tetapi penyebar dari beberapa TPS, sehingga pihaknya tidak begitu merasa khawatir.

"Yang kami khawatirkan itu, yang reaktif dari 1 TPS itu sampai 2 atau 3 orang, tetapi setelah kita lihat dari data yang kita himpun ternyata hanya satu-satu saja, tidak numpuk," terangnya.

Meskipun hasilnya reaktif, pihaknya tidak diperintahkan untuk melakukan pergantian petugas, terkeculai bagi petugas yang memang mengalami sakit sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan pada hari pencoblosan.

"Misalkan sakit, dan berhalangan hadir kemudian mundur maka kami ganti, dan ini juga terjadi di Kartamulia kemarin, salah satu anggota KPPS kecelakaan, PPS nya melakukan pengajuan penggantian maka langsung diproses," tukas Zen. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru