Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Bangun Laboratorium Bio Safety Level 2, Ini Tujuannya..

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Desember 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas membangun laboratorium Bio Safety level 2, yang diperkirakan akan selesai hingga tanggal 31 Desember 2020 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Kuala Kapuas, dr Jum'atil Fajar mengatakan tujuan dari pembangunan untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas, terutama untuk menguji test PCR.

"Jumlah laboratorium atau rumah sakit yang bisa melakukan uji spesimen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) masih sangat terbatas terutama, sehingga dibangun di sini," kata Jum'atil Fajar, Selasa 8 Desember 2020.

Pembangunan ini merupakan program peningkatan bangunan untuk wilayah publik dengan sumber dana DAU tahun 2020, dari Bidang Cipta Karya Dinas PUPR-PKP Kapuas.

Lebih lanjut, ia menyampaikan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas berusaha selalu untuk meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan secara maksimal.

"Terutamanya bagi yang berdomisili di daerah Kabupaten Kapuas. Sehingga diharapkan ini akan memudahkan juga dalam penanganan covid-19," harapnya.

Ia juga menjelaskan keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19.

Terbatasnya laboratorium pengujian di daerah menyebabkan lamanya pengujian spesimen dari suspek Covid-19.

"Hal ini dikarenakan waktu yang dibutuhkan daerah untuk mengirimkan spesimen dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru