Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Pertanian di Barito Timur akan Isi Daftar Hadir di Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Desember 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Trikorianto membuat terobosan baru. Mulai awal 2021, penyuluh pertanian yang bertugas di setiap desa diwajibkan untuk mengisi daftar hadir di kantor desa.

"Saya sudah komitmen dan izin kepada bupati, diminta atau tidak penyuluh harus ada di desa dan mengisi absen kehadirannya di desa," ungkapnya, Jumat 11 Desember 2020.

Dia melanjutkan selama ini penyuluh pertanian hanya mengisi daftar hadir di Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP yang berada di kecamatan.

Mengisi daftar hadir di desa bertujuan untuk memastikan kehadiran penyuluh tersebut di desa tempatnya bertugas sekaligus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah desa dalam mendampingi petani dan peternak.

Beberapa desa sempat mengalami kendala dalam pengembangan budidaya ayam petelur karena kurangnya koordinasi dengan BPP maupun penyuluh pertanian yang bertugas di desa.

Seperti diketahui hampir semua desa di kabupaten Barito Timur pada 2020 ini mengembangkan budidaya ayam petelur dengan menggunakan dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

"Kita berharap dengan penyuluh hadir di desa dapat meningkatkan pendampingan kepada pemerintah desa dalam pengembangan ayam petelur maupun kepada petani dan kelompok tani dalam melakukan budidaya," imbuhnya.

Dia mengungkapkan ke depannya pemerintah daerah berencana mengembangkan budidaya ayam pedaging dengan menggunakan DD dan ADD.

"Untuk pengembangan ini kita fokus pada pemenuhan konsumsi atau protein hewani di lokal desa sehingga dapat mengatasi kasus stunting di desa," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru