Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Preferensi Penyalahguna Narkotika di Kalteng 0,8 Persen

  • Oleh Nopri
  • 12 Desember 2020 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) Komjen Heru Winarko mengatakan preferensi penyalahgunaan narkotika di Kalteng 0,8 persen atau di bawah rata-rata daerah lain di Indonesia yang mencapai 1,8 persen.

Hal ini disampaikannya saat menyaksikan penyerahan dana hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menyerahkan hibah kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalteng di Kantor BNN Provinsi Kalteng.

"Meski demikian yang perlu diingatkan bahwa kenaikan angka penyalahgunaan narkotika di Kalteng masih mungkin terjadi sehingga perlu diantisipasi," katanya, Jumat, 11 Desember 2020.

Oleh karena itu perlunya program untuk penegak hukum untuk setiap tangkapan dari kepolisian melalui asesmen supaya bisa dipilah antara hukum dan medis salah satunya seperti Tim Asesmen Terpadu (TAT).

"TAT terdiri dari penyidik, jaksa, dinas kesehatan, dinas sosial yang secara terpadu melakukan asesmen. TAT akan kita tingkatkan terus ke daerah akan ada rayonisasi TAT karena ketentuannya 6x24 jam sudah ditentukan," jelasnya.

Heru berharap dengan adanya TAT dapat diketahui jenis, asal, dan jaringan Narkoba yang masuk ke Kalteng. Selain itu dapat dipisahkan pula yang mana bandar, pengedar, dan pengguna. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru