Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Imbau Masyarakat Tunggu Real Count Hasil Pilkada Kalteng

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Desember 2020 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil quick count Pilkada 2020 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Termasuk perolehan suara setiap Palson di Kabupaten Kotawaringin Barat, namun masyarakat dihimbau untuk bersabar menunggu hasil real count dari KPU.

Anggota KPU Kobar, Rio Rudianto mengatakan setelah proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara selesai, saat ini kotak suara berada di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berada di setiap kecamatan.

"Jika rekapitulasi tingkat kecamatan selesai, maka selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten yang akan dibarengi dengan pleno," kata Rio Rudianto saat dibincangi Borneonews, Jumat, 11 Desember 2020.

Selanjutnya masyarakat juga bisa memantau progres suara masuk dari data KPU melalui laman resmi ://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp/tungsura/62.

Rio juga menanggapi terkait klaim kemenangan yang beredar di media sosial dari kedua paslon. Ia menilai saling klaim keunggulan suara oleh paslon itu adalah hal biasa. Hal ini dinilai kerap terjadi dalam sebuah kontestasi pesta demokrasi.

"KPU tetap menghormati yang dilakukan setiap paslon atau tim pemenangan dalam mengeluarkan hasil rekap suara secara internal. Saling klaim unggul suara adalah dinamika yang biasa terjadi," tuturnya.

Rio menjelaskan meski ada saling klaim unggul dalam perolehan suara, masyarakat harus tetap menunggu hasil dari KPU provinsi.

"Mari kita tetap bersabar menunggu hasil perhitungan manual yang sekarang masih dilakukan KPU," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru