Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketersediaan Elpiji Harus Diawasi, Kata Ketua DPRD Kotim

  • Oleh Naco
  • 12 Desember 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie Anderson mendorong agar Pemkab Kotim melakukan pengawasan terhadap distribusi elpiji 3 kilogram.

"Ketersediaan elpiji 3 kilogram harus mendapatkan pengawasan dari instansi terkait," kata Rinie, Sabtu, 12 Desember 2020.

Ia menyoroti elpiji 3 kilogram merupakan program subsidi pemerintah, dan elpiji jenis ini merupakan konsumsi masyarakat bawah. 

Maka dari itu, harga dan stoknya tidak boleh menjadi permainan kartel. Elpiji 3 kilogram ini tentunya sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat kecil. 

"Karena bahan bakar tersebut menjadi konversi penggunaan minyak tanah. Masyarakat kelas bawah sangat bergantung kepada elpiji 3 kilogram ini," tukasnya.

Dia melanjutkan, pemerintah mengalokasikan anggaran besar untuk program subsidi tersebut sehingga wajib dinikmati masyarakat sabagai sasaran dan tujuannya.

Apalagi, lanjut dia, saat menjelang natal dan tahun baru ini, stok atau ketersediaan harus terjamin. Jangan sampai penjualan dipermainkan.

"Karena elpiji ini sudah ada harga eceran tertinggi, jadi tidak bisa main-main dengan harganya, karena sanksi jelas," tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru