Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Katingan Hilir Gelar Patroli Terpadu Antisipasi Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Desember 2020 - 06:45 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Jajaran Polsek Katingan Hilir Polres Katingan menggelar patroli terpadu guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla,  Sabtu,  12 Desember 2020.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono mengatakan,  patroli ini adalah upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukumnya. 

"Ia personel Polsek Katingan Hilir yang tergabung dalam tim patroli terpadu posko induk BPBD Kabupaten Katingan melaksanakan kegiatan patroli rutin hari ini terutama mencegah Karhutla, " kata Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono. 

Menurutnya,  personel yang terlibat patroli yakni Bripka Gatot Aji Setyo turun langsung untuk melaksanakan kegiatan patroli pencegahan karhutla mulai dari deteksi dini, pemetaan wilayah rawan karhutla dan melakuan sosialiasi kepada masyarakat. 

Sasaran patroli ini yaitu lahan kering yang berpotensi terbakar maupun dibakar, sehingga mempermudah penanggulangannya jika terjadi kebakaran.

“Selain melaksanakan patroli kami juga mendata daerah mana yang masyarakatnya sudah mulai membuka lahan untuk bercocok tanam kemudian kami berikan sosialiasi agar masyarakat paham bahwa membuka lahan dengan cara membakar itu melanggar hukum,” kata Kapolsek. 

Kapolsek menuturkan wilayah Katingan Hilir merupakan salah satu kecamatan yang masyarakatnya berladang dan memiliki lahan hutan yang cukup luas, sehingga setiap tahunnya upaya pencegahan selalu dilaksanakan dengan berbagai cara.

“Tidak bisa jika kita hanya melakukan penindakan saja, tetapi kita harus benar – benar berupaya melakukan pencegahan seperti melakukan patroli untuk mendeteksi daerah rawan dan memberikan sosialiasi kepada masyarakat,” imbuh Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru