Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rahasia Panjang Umur Penduduk Zona Biru, Setiap Hari Konsumsi Makanan Ini

  • Oleh Teras.id
  • 13 Desember 2020 - 14:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Orang yang hidup di Zona Biru yang terdiri dari Barbagia di Sardinia, Italia; Ikaria, Yunani; Semenanjung Nicoya di Kosta Rika; dan Okinawa, Jepang, sering dijadikan panutan gaya hidup sehat. Mereka terbukti memiliki usia harapan hidup yang lebih lama alias panjang umur dibandingkan dengan belahan lain di Bumi.

Menurut artikel CNBC yang ditulis Dan Buettner, peneliti dan penulis The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People Who Lived the Longest, ada beberapa aturan diet umum yang dipatuhi orang-orang di kawasan ini. Mereka kebanyakan makan makanan utuh. Mereka juga makan banyak tumbuhan (lebih dari 90%), banyak minyak zaitun, tidak terlalu banyak daging atau ikan, dan jarang gula. Mereka banyak mengonsumsi air. Dan, ada satu makanan yang tak pernah dilewatkan setiap hari, yaitu kacang-kacangan.

"Kacang merupakan dasar dari setiap pola makan umur panjang di dunia: kacang hitam di Nicoya; lentil, garbanzo, dan kacang putih di Mediterania; dan kedelai di Okinawa," tulis Buettner, seperti dikutip pakar nutrisi dan penulis buku David Zinczenko di artikelnya untuk eatthis.com, Jumat, 11 Desember 2020.

Buettner mengatakan mereka makan kacang-kacangan setidaknya setengah cangkir per hari, empat kali lebih banyak daripada orang Amerika. “Kacang mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan lain di Bumi."

Kacang terdiri dari 77 persen karbohidrat kompleks, 21 persen protein, dan sangat kaya serat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health menemukan bahwa menambah asupan kacang sebanyak 20 gram dapat menurunkan risiko kematian sebesar 6 persen.

Selain membuat tubuh sehat, kacang-kacangan juga bisa mengontrol berat badan dengan lebih baik.

Namun, tidak semua kacang memiliki khasiat yang sama. Pakar kesehatan mengatakan bahwa warna kacang menunjukkan nilai gizinya, semakin gelap kacang, semakin baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa kacang hitam, misalnya, mengandung lebih dari 40 kali antioksidan dibandingkan kacang putih. 

Berikut daftar kacang yang membantu Anda hidup lebih lama dan tetap langsing.

1. Lentil

Lentil adalah sumber serat dan protein yang baik. "Studi telah menemukan bahwa mengonsumsi lentil dapat mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan usus," Rania Batayneh, pakar nutrisi dan penulis The Simple 1:1:1 Formula for Fast and Sustained Weight Loss.

2. Kacang hitamSederhananya, kacang hitam adalah sumber karbohidrat utama untuk menurunkan berat badan. Satu setengah cangkir kacang hitam mengandung 8 gram serat dan 7 gram protein, sehingga membuat makanan ini sempurna untuk salad, omelet, dan lainnya.

3. Kacang pinto

Satu setengah cangkir kacang pinto mengandung 6 gram protein, 7,94 gram serat, dan 1,8 miligram zat besi, nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh tapi sering diabaikan.

4. Kacang Arab

Setengah cangkir chickpeas atau kacang Arab mengandung 10 gram protein, lima gram serat, dan 310 miligram potasium, kira-kira 9 persen dari jumlah harian direkomendasikan.

TERAS.ID

Berita Terbaru