Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peru Tunda Uji Klinis Vaksin COVID Sinopharm Cina

  • Oleh ANTARA
  • 13 Desember 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Lima - Peru menunda uji klinis vaksin COVID-19 buatan Sinopharm Cina lantaran adanya "kejadian buruk serius", yang terjadi pada salah satu relawan.

Kementerian Kesehatan menyebutkan kejadian itu sedang diselidiki guna memastikan apakah hal itu terkait dengan vaksin tersebut atau apakah ada penjelasan lainnya.

Sinopharm Group yang melakukan uji klinis di Peru dengan melibatkan sekitar 12.000 relawan, hampir menyelesaikan uji coba tahap pertama dalam beberapa hari ke depan. Sejauh ini sekitar 36.544 orang di Peru meninggal akibat pandemi virus corona.

"Keputusan untuk menghentikan sementara uji klinis merupakan langkah keamanan yang dipertimbangkan dalam aturan uji klinis sekaligus protokol yang digunakan untuk melindungi kesehatan para subjek penelitian," bunyi pernyataan Kementerian Kesehatan, Minggu 13 Desember 2020.

Kepala penelitian di Universitas Cayetano Heredia, German Malaga, yang langsung turun dalam riset tersebut, mengatakan seorang relawan pernah mengalami kelemahan otot di kakinya di antara gejala yang lain.

ANTARA

Berita Terbaru