Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Dorong Pengembangan Sorgum Sebagai Komoditas Pangan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Desember 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mendorong pengembangan tanaman pangan jenis sorgum sebagai salah satu komoditas sumber pangan serbaguna. 

Sorgum dinilai sebagai salah satu tanaman pangan serbaguna yang dinilai banyak manfaatnya. Selain dapat digunakan sebagai sumber pangan, sorgum juga dapat menjadi pakan ternak dan bahan baku industri. 

"Sebagai tanaman pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sehingga pemkab sangat mendukung pengembangannya di Lamandau," kata Bupati Hendra Lesmana, Senin 14 Desember 2020.

Sebagai salah satu bentuk dukungan nyata terhadap pengembangan budidaya sorgum, pekn lalu pemkab Lamandau juga memberi bantuan bibit sorgum kepada kelompok tani yang selama ini telah mulai mengembangkan sorgum, seperti kelompok tani yang menanam sorgum di lahan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Desa Jangkar Prima, Kecamatan Sematu Jaya.

"Pemerintah daerah akan selalu memberi support terhadap petani yang memiliki inovasi dalam mengbangkan dan menciptakan komoditas-komoditas unggulan yang berbasis lingkungan," kata Bupati Hendra. 

Dia juga berpesan, untuk menciptakan dan mengembangkan produk unggulan harus mengetahui pasar yang akan menampung produk-produk yang dikembangkan.

"Dalam berinovasi, kita harus mengkalkulasi dan melihat potensi pasar, apakah yang kita kembangkan ini potensial di pasaran atau tidak. Nah, sorgum ini merupakan salah satu ide yang baik, karena produknya banyak manfaatnya, bisa digunakan untuk kebutuhan pangan, batangnya untuk pakan ternak, sehingga potensinya ada. Nantinya dapat juga dikembangkan secara luas di kabupaten Lamandau" katanya.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada KTNA Desa Jangkar Prima yang telah memberi contoh nyata dalam mengembangkan sorgum di Lamandau. Ia juga mengintruksikan dinas terkait agar terus memberu pendampingan serta membantu pengembangan tanaman sorgum tersebut. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru