Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelombang Laut Jawa Capai 2 Meter, KSOP Kumai: Masih Aman untuk Melaut

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 Desember 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gelombang Laut Jawa saat ini disebutkan mencapai 2 meter. Terkait itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai, Wahyu Prihanto menyebutkan masih aman untuk melaut.

"Ketinggian gelombang di perairan Laut jawa saat ini fluktuatif, berkisar antara 1 - 2 meter. Namun masih bisa dilalui kapal barang maupun penumpang," kata Wahyu usai Rapat Pembentukan Posko Gabungan Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru, Senin, 14 Desember 2020.

Namun demikian, Wahyu mengingatkan para operator jasa angkutan kapal atau nahkoda kapal, untuk selalu waspada dan memperhatikan keselamatan. Salah satunya, rutin mengecek kondisi cuaca dan gelombang melalui website BMKG.

"Kita arahkan kepada nahkoda atau pelaku pelayaran khususnya di wilayah Kumai. Harapan Kami selalu cek daan ricek di situs bmkg.go.id. Berita harus update, jika sewaktu-waktu ada badai atau pun perubahan cuaca," jelasnya.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan BMKG terkait prakiraan cuacanya.

Selanjutnya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Kepala KSOP Kumai mengimbau operator kapal memasang pengaman ganda untuk keamanan pelayaran. 

"Saya yakin nahkoda cakap dalam hal mengendalikan dan mengoperasikan kapal. Apabila ada suatu cuaca yang buruk, untuk berlindung ataupun ngikutin dari arus jangan sampai berlawanan," tuturnya.

Dia juga meminta agar pelashingan dari ikatan dari kapal diperhatikan, truk ataupun alat berat dipasang pengaman tambahan. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru