Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meskipun Covid Meningkat, Pemko Palangka Raya Belum Ambil Langkah PSBB Tahap II

  • Oleh Hendri
  • 15 Desember 2020 - 12:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, sejauh ini rencana untuk menerapkan kembali PSBB belum ada meskipun penambahan pasien positif Covid-19 cukup tinggi.

Meski begitu ada strategi berbeda yang akan diterapkan sebagai upaya penanganan virus tersebut.

"Bukan PSBB, tapi lebih kepada sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan 4 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin menncuci tangan, dan mencegah kerumunan," katanya, Selasa 15 Desember 2020.

Pengajuan untuk menerapkan PSBB kepada pihak Kementerian Kesehatan pun tidak dilakukan layaknya penerapan PSBB tahap pertama lalu.

Ada sejumlah arah kebijakan baru dari pemerintah, terutama dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan untuk pengendalian Covid-19.


Fairid mengatakan dalam instruksi tersebut ditekankan untuk menegakkan secara konsisten prokes dan melakukan langkah pencegahan secara proaktif dengan humanis serta mengedepankan sosialisai persuasif kepada masyarakat.

Bahkan jika dianggap perlu, dibutuhkan upaya tegas untuk menindak dengan membubarkan kerumunan massa secara terukur sebagai upaya terakhir.

"Kebijakan saat ini telah berbeda. Apalagi saat ini kabarnya vaksi Covid-19 siap didistribusikan ke daerah. Saya juga sudah menerima salinan edaran bahwa pemerintah daerah pada tahun anggaran 2021 harus menganggarkan untuk vaksin ini," jelasnya.

"Intinya koordinasi bersama pemerintah pusat terus kita tingkatkan sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19, maupun pemulihan ekonomi," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru