Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester MAN Kapuas Secara Daring Berjalan Lancar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Desember 2020 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas yang dilakukan secara daring berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan secara daring ini mengingat masih adanya pandemi covid-19 mengharuskan seluruh sekolah di kabupaten ini untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah.

Tidak hanya itu, menjelang akhir semester 1 tahun ajaran 2020/2021 ini proses penilaian akhir semester juga terpaksa dilakukan oleh para peserta didik, dan guru di rumah masing-masing.

Ketua Pelaksana Penilaian Akhir Semester 1, MAN Kapuas, Heni Susanty mengatakan bahwa ulangan semester berlangsung selama 10 hari dan dilakukan secara daring oleh peserta didik melalui smartphone ataupun personal computer di rumah masing-masing.

Menurut Heni, pengalaman ulangan daring berbasis android pada tahun-tahun sebelumnya di MAN Kapuas menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaksanaan penilaian akhir semester kali ini.


“Alhamdulillah penilaian akhir semester di MAN Kapuas berjalan dengan
lancar hingga hari terakhir. Beberapa hari sebelum pelaksanaan kami memang sudah melakukan try out untuk mengetahui ketahanan server," kata Heni, Selasa 15 Desember 2020.

Ditambah, lanjut dia tahun-tahun sebelumnya juga sudah menerapkan sistem ulangan daring berbasis android sehingga untuk tahun
ini lebih siap menghadapi dan menangani hambatan yang ada.

Heni Susanty menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ulangan semester ini peserta didik dipantau oleh wali kelas dan dibantu salah seorang guru yang ditugaskan sebagai pengawas pada masing-masing kelasnya.

"Peserta didik, wali kelas, dan juga guru yang mengawas tergabung dalam satu grup Whats App sehingga di sinilah koordinasi dijalankan antara peserta didik dan pihak sekolah," tuturnya.

Grup Whats App, lanjut dia digunakan untuk memantau kehadiran peserta didik, membagikan pengumuman, serta sebagai media untuk menyampaikan kendala yang dialami peserta didik serta cara penyelesaian dari proktor selama ulangan semester berlangsung.

Berita Terbaru