Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Masyarakat Sukamara di Pilgub Kalteng Hanya 64,78 Persen

  • Oleh Norhasanah
  • 15 Desember 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Sukamara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tidak mencapai target karena hanya 64,78 persen.

"Untuk tingkat partispasi pemilih pada Pilgub dan Wagub Kalteng tahun ini memang tidak mencapai target yang sudah ditetapkan," kata Ketua KPU Sukamara, Ahmad Zen Alantany saat diwawancarai wartawan, Selasa, 15 Desember 2020.

Zen melanjutkan, tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Sukamara tahun 2020 hanya 64,78 persen. Sedangkan targetnya adalah 77,5 persen. Rendahnya partisipasi tersebut bisa disebabkan beberapa faktor, terlebih saat ini dalam situasi pandemi covid-19.

"Jika di banding Pilkada tahun-tahun sebelumnya, partisipasi masyarakat kita ada mengalami peningkatan, seperti tahun 2015 itu partisipasinya 51,73 persen, kemudian 2010 diangka 47,60 persen," ujarnya.

"Jadi memang dari sisi target tidak mencapai target, tetapi ada trend kenaikan dalam partisipasi pemilih di Sukamara," tambah Zen. 

Dalam meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Sukamara telah melakukan berbagai upaya, baik menggelar sosialiasi kepada masyarakat maupun ajakan-ajakan yang disampaikan melalui media sosial.

"Kita sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menyosialisasikannya," tukas Zen Alantany. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru