Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Pasti Sugianto-Edy Menang, Ketua KPU Kalteng: Hasil Rekapitulasi Kabupaten/Kota tak mungkin Berubah Dalam Pleno Provinsi

  • Oleh Nopri
  • 18 Desember 2020 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan bahwa tidak ada kemungkinan nilai rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota untuk berubah saat dilakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi.

"Rekapitulasi ini kan dilaksanakan berjenjang dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi. Seharusnya jika ada perubahan itu terjadi pada pleno di tingkat kecamatan," katanya, Jumat, 18 Desember 2020.

Harmain menjelaskan, jika memang ada kekeliruan nilai ataupun hasil dari rekapitulasi seharusnya sudah diselesaikan di tingkat kecamatan. Karena dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan seluruh saksi dihadirkan dan membawa bukti C Hasil KWK yang didapatkan dari tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jadi begini, jika ada kekeliruan, seluruh saksi akan mengecek dengan form C Hasil KWK-nya masing-masing, jika berbeda maka akan kita cocokkan dengan milik Bawaslu," jelasnya.

Harmain menambahkan jika memang ada perdebatan terkait hasil dan nilai yang ada pada laporan rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota, seharusnya sudah terselesaikan pada sidang pleno rekapitulasi di tingkatan tersebut.

"Karena penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara itu dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka," tutupnya. 

Data dirangkum borneonews.co.id, berdasarkan hasil pleno KPU di 14 kabupaten/kota pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng nomor urut 02 Sugianto Sabran-Edy Pratowo memperoleh suara terbanyak. Sugianto-Edy mengumpulkan 536.120
suara (51,59 persen). Sedangkan paslon 01 Ben Brahim -Ujang Iskandar memperoleh 502.800 suara (48,39 persen). Selisih angka keduanya 33,320 suara (3,2 persen).

Paslon 02 memenangkan suara di 9 kabupaten sementara Paslon 01 meraih kemenangan di 4 kabupaten dan satu kota. Berdasarkan hasil ini sudah bisa disimpulkan bahwa Pilkada Kalteng dimenangkan oleh Sugianto Sabran-Edy Pratowo. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru