Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wapres Ma'ruf Amin: Kaderisasi Partai Penting untuk Cetak SDM Unggul

  • Oleh ANTARA
  • 20 Desember 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan partai politik harus melakukan kaderisasi di internal organisasinya sebagai salah satu upaya menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Maju.

"Kaderisasi dalam partai politik sangat penting dan menentukan kualitas SDM yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi upaya bersama segenap elemen bangsa dalam mencapai Indonesia Maju," kata Wapres Ma’ruf saat menutup Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara daring dari Jakarta, Minggu, 20 Desember 2020.

Wapres mengatakan perwujudan visi Indonesia Maju sangat ditentukan oleh kualitas SDM di berbagai bidang, termasuk di antaranya politik. Banyak generasi muda Indonesia saat ini terjun ke dunia politik, sehingga perlu dilakukan persiapan matang dalam mencetak politikus berkualitas.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam sistem dan mekanisme demokrasi kita, putra dan putri terbaik bangsa yang mengisi berbagai posisi penting dalam pemerintahan merupakan kader dan representasi partai politik," katanya.

Keberadaan partai politik di Indonesia, lanjutnya, juga tidak lepas dari sejarah perjuangan rakyat Indonesia dan para ulama dalam mencapai kemerdekaan. Peran partai politik saat ini juga diperlukan untuk mewujudkan pembangunan nasional dan menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

"Hingga saat ini, partai politik menjadi harapan dan representasi rakyat untuk turut serta menyelesaikan berbagai masalah dalam berbagai aspek pembangunan dan pemerintahan sesuai dengan amanat konstitusi," jelasnya.

Wapres juga berharap partai politik dapat mengoptimalkan perannya sebagai media penyerap aspirasi rakyat, sekaligus sebagai komunikator dua arah yang efektif bagi pemerintahan dan masyarakat.

"Kualitas dan efektifitas komunikasi tersebut akan sangat menentukan kualitas sekaligus akseptabilitas legislasi serta kebijakan pemerintah yang sejalan dengan aspirasi masyarakat," tukasnya.

Kepada PPP, Wapres Ma’ruf meminta partai Islam berlambang ka’bah tersebut dapat mewujudkan iklim kondusif dalam menjaga persatuan dan komitmen kebangsaan yang kuat.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga meminta seluruh kader PPP dapat ikut mendukung Pemerintah dalam menyosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di seluruh daerah.

"Seluruh kader PPP diharapkan dapat menjadi motor penggerak masyarakat dalam mencegah penularan dan mengatasi pandemi COVID-19, tetap produktif namun dengan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

ANTARA

Berita Terbaru