Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penjelasan Lion Air Soal Pesawat JT173 Tergelincir di Bandara Radin Inten II

  • Oleh Teras.id
  • 21 Desember 2020 - 01:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai Lion Air memberikan penjelasan terkait tergelincirnya pesawat JT-173 di Bandara Radin Inten II Lampung pada hari ini, Ahad, 20 Desember 2020 pukul 14.00 WIB.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pesawat yang melayani rute Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH), tujuan Bandar Udara Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung (TKG), telah dijalankan sebagaimana standar operasional prosedur (SOP) serta mengikuti sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

"Lion Air sudah mempersiapkan penerbangan JT-173 menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGP. Sebelum keberangkatan telah menjalani pemeriksaan (pre-flight check) dan pesawat dinyatakan aman untuk terbang (safe for flight)," tulis Danang dalam keterangan tertulis, Ahad, 20 Desember 2020.

Danang berujar seluruh awak pesawat yang bertugas sudah melalui proses pengecekan serta pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat, dan dinyatakan sehat untuk bertugas.

Lion Air penerbangan JT-173 membawa tujuh awak pesawat serta 125 penumpang dewasa, satu anak-anak, dua balita. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim pukul 13.33 WIB dan mendarat di Bandar Udara Radin Inten II pada 14.45 WIB.

Menurut Danang, pesawat tersebut mendarat dalam kondisi hujan deras dengan jarak pandang yang memenuhi kualifikasi proses pendaratan pesawat udara. Setelah pesawat dalam kecepatan rendah dan proses untuk berbelok arah menuju pelataran parkir, badan pesawat keluar dari landas pacu.

"Seluruh penumpang dan awak pesawat dalam kondisi selamat, serta dilakukan proses evakuasi ke gedung terminal bandar udara," ujar Danang. Ia memastikan perseroan akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pengelola bandar udara setempat dan instansi lain yang terkait dalam proses evakuasi pesawat.

Sebelumnya, peristiwa tergelincirnya pesawat maskapai berlogo singa merah itu dibenarkan oleh Humas Bandara Radin Inten II Pujo Wusono. "Benar tergelincir saat ini tengah melakukan proses evakuasi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk sementara selama proses evakuasi, tidak ditemukan korban atas kejadian tersebut. "Tidak ada korban jiwa, saat ini dalam proses evakuasi," ucapnya lagi.

TERAS.ID

Berita Terbaru