Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Barito Timur: Operasi Lilin Telabang Jangan Dianggap Rutinitas Biasa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Desember 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra mengingatkan personel gabungan yang bertugas dalam Operasi Lilin Telabang 2020 agar tidak menganggap pengamanan dalam operasi kali ini sebagai agenda rutin tahunan biasa.

Hal ini disampaikan Afandi saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolres setempat, Senin 21 Desember 2020.

"Anggapan tersebut dapat menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli, jangan sampai, lanjut dia, kegiatan perayaan Natal
dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran covid-19," terangnya.

Tambah Afandi, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan
narkoba, pesta miras dan aksi perusakan fasilitas umum.

Selain itu ada juga aksi kriminalitas lain seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung dan balap liar.


"Belum lagi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai
dampak dari musim penghujan," lanjutnya

Untuk itu, Afandi mengharapkan seluruh personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru