Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Pemda Kembangkan SDM Lokal

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Desember 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada umumnya program ketahanan pangan atau food estate yang telah dicanangkan pemerintah saat ini seharusnya para pekerja atau pengelolanya berasal dari SDM lokal.

Hal itulah yang membuat kalangan dari anggota DPRD Kalteng mendorong Pemda supaya bisa mengembangkan SDM lokal agar masyarakat lokal memiliki kemampuan dalam menggerakkan serta mengembangkan pertanian dengan cara basis teknologi di Kalteng.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Muhajirin mengatakan memang saat ini SDM lokal di Kalteng sudah memiliki kemampuan dalam menggerakan ataupun mengembangkan pertanian dengan cara tradisional. Tapi hal itu kurang efesien dalam menunjang ketahanan pangan.

"Oleh sebab itu Pemda setempat khususnya Dinas atau instansi terkait yang menangani masalah ini harus bisa membantu mengembangkan SDM lokal kita, pasalnya pengetahuan masyarakat kita saat ini masih kurang terkait pengembangan pertanian dengan basis teknologi," ucapnya. Senin, 22 Desember 2020.

Dia menerangkan jika Pemda mampu mendorong pengembangan SDM lokal dengan maksimal maka akan berdampak positif untuk daerah seperti meningkatkan taraf perekonomian masyarakat lokal, serta meningkatkan hasil pertanian.

Dijelaskannya pemerintah juga tidak perlu mendatangkan transmigrasi untuk menunjang program tersebut di Kalteng cukup dengan mengembangkan SDM lokal saja pasalnya masyarakat Kalteng saat ini masih banyak yang belum memiliki pekerjaan.

"Kekurangan SDM lokal kita saat ini seperti petani tradisional hanyalah belum terlalu memahami sistem pertanian berbasis teknologi, oleh karenanya inilah yang harus didorong oleh pemerintah melalui penyuluhan serta praktik kerja," jelasnya.

Dia menambahkan, selain permasalah tersebut permasalahan lain yang dialami petani lokal saat ini yakni keterbatasan daya beli penunjang pertanian seperti pupuk dan bibit.

Maka dari itu pemerintah juga harus memperhatikan hal tersebut sebab itu merupakan kunci keberhasilan pertanian dalam rangka menunjang ketahanan pangan. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru